Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award Tingkat Utama Tahun 2024 dari pemerintah, yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin kepada Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas di Krakatau Ballroom TMII, Jakarta.

“Pencapaian ini mencerminkan keseriusan pemerintah daerah, dalam menjamin layanan kesehatan yang merata serta memastikan tercapainya cakupan kesehatan bagi seluruh masyarakat,” kata Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas dalam keterangan diterima ANTARA di Meulaboh, Aceh Barat, Jumat.

Fitriany mengatakan bahwa Pemkab Nagan Raya berhasil memperoleh penghargaan tersebut, karena telah memenuhi kriteria sebagai salah satu pemerintah daerah (Pemda) dari 133 kabupaten/kota yang menerima penghargaan UHC Award Tingkat Utama Tahun 2024.

“Beberapa kriteria yang telah terpenuhi, antara lain capaian UHC pemda di atas 98 persen, tingkat keaktifan peserta di atas 85 persen, serta tidak memiliki tunggakan IW Pemda s.d tahun 2023,” jelas Fitriany.

Ia menyebutkan, saat ini jumlah kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Nagan Raya per 1 Agustus 2024 mencapai 176.365 dari jumlah penduduk 176.461 atau mencapai 99,94 persen peserta yang aktif.

Fitriany Farhas juga mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas penghargaan yang telah diraih oleh pemerintah daerah.

Ia mengatakan pencapaian ini tidak hanya sekadar angka, akan tetapi merupakan wujud nyaya dari tanggung jawa negara atau pemerintah daerah, dalam memastikan setiap individu atau masyarakat di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak, memadai dan profesional.

"Kami akan terus berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bersama BPJS Kesehatan agar setiap warga dapat menikmati akses kesehatan yang layak," demikian Fitriany Farhas.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya kerahkan mesin pompa pasok air ke sawah kekeringan
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024