Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2024 kategori utama dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, atas tercapainya target 100,9 persen kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Penghargaan ini merupakan hasil dari kinerja bersama berbagai pihak di Aceh Barat, yang menunjukkan komitmen kuat dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah dalam keterangan tertulis diterima di Meulaboh, Jumat.

Penganugerahan penghargaan kepada kepala daerah Indonesia ini dihadiri oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Acara yang dikemas dengan tema "Satu Dekade Program JKN-KIS untuk Negeri sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah dalam Memberikan Perlindungan Kesehatan bagi Masyarakat Indonesia".

Syarifah Junaidah menyatakan pihaknya sangat berterima kasih atas capaian yang telah diraih.

Menurutnya, penghargaan yang diraih melalui program UHC merupakan hasil kerja sama semua pihak baik BPJS, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya.

Syarifah menyebutkan bahwa keaktifan atau pembayaran premi juga menjadi bagian dari penilaian. Sehingga Kabupaten Aceh Barat mendapatkan penghargaan kategori utama.

Pemerintah daerah kerjasama koordinasi semua pihak, untuk bersama-sama meningkatkan mutu layanan kesehatan, supaya masyarakat benar-benar merasakan manfaat jaminan kesehatan melalui UHC secara optimal, demikian Syarifah Junaidah.

 Baca juga: Provinsi Aceh bersama 23 kabupaten/kota terima UHC
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024