Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Pemuda Gampong Rima Jeuneu, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, mengibarkan bendera merah putih raksasa di puncak perbukitan desa setempat dalam rangka memperingati HUT Ke-72 RI.

Pengibaran berlangsung di puncak Bukit Goh Cut, Gampong Rima Jeunue, Aceh Besar, Selasa.

Pengibaran melibatkan lebih dari 20 pemuda setempat serta dibantu sejumlah anggota TNI dan Polri.

Bendera merah putih yang dikibarkan tersebut berukuran panjang sembilan meter dan lebar enam meter. Dari lokasi pengibaran bendera bisa dilihat seluruh Kota Banda Aceh dan sebagian Aceh Besar.

Lokasi pengibaran berada pada posisi 170 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju ke lokasi tersebut, melewati jalan setapak yang curam dengan kemiringan lebih dari 60 derajat.

Selain mengibarkan bendera raksasa, mereka juga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kegiatan tersebut turut dihadiri Danramil Peukan Bada Kapten Inf Samsudi.

Keuchik (kepala desa) Gampong Rima Jeuneu Arifin mengatakan, pengibaran bendera merah putih berukuran besar tersebut dalam rangka memperingati HUT RI ).

"Pengibaran bendera raksasa ini inisiatif anak muda gampong. Bendera berukuran sembilan kali enam meter, dijahit atas swadaya masyarakat," kata Arifin.

Arifin menyebutkan, pengibaran bendera raksasa di puncak Bukti Goh Cut, merupakan yang pertama kali dilakukan masyarakat setempat. Pengibaran tersebut merupakan wujud nasionalis pemuda dan masyarakat Gampong Rima Jeuneu.

"Dipilihnya lokasi pengibaran di Puncak Bukit Goh Cut karena posisinya terlihat di wilayah Kota Banda Aceh dan sebagian Aceh Besar. Kami berharap pengibaran bendera ini semakin memotivasi bagi yang lain," kata Arifin.

Sementara itu, Hendri Yahya, penanggung jawab pengibaran bendera raksasa tersebut, mengatakan, pengibaran merah putih berukuran besar di puncak Bukti Goh Cut merupakan rangkaian peringatan HUT RI di Gampong Rima Jeuneu.

"Bendera raksasa tersebut akan dikibarkan selama sebulan. Selain pengibaran bendera, banyak kegiatan lainnya yang dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Ke-72 RI," kata Hendri Yahya. 


Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017