Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyatakan komitmennya memperkuat kelembagaan mukim.

"Imum mukim memiliki peran strategis mengayomi masyarakat. Karena itu, kami berkomitmen memperkuat kelembagaan imum mukim tersebut," kata Aminullah Usman di Banda Aceh, Selasa.

Wali Kota menyebutkan, lembaga mukim yang dipimpin imum mukim juga merupakan unsur penyelenggara pemerintah. Seorang imum mukim membawahi beberapa gampong atau desa.

Namun, yang melekat sekarang adalah imum mukim memiliki fungsi sebagai pemimpin adat dan sosial. Tapi imum mukim juga sebagai penyelenggara pemerintahan.

Sebagai unsur penyelenggara pemerintahan, kata dia, imum mukim juga menjadi pelaksana pembangunan, baik pembangunan ekonomi, fisik maupun pembangunan spiritual. Dalam hal ini aspek keagamaan dan sosial.

"Jadi banyak tugas seorang imum mukim. Termasuk meningkatkan kegiatan keagamaan seperti memakmurkan masjid, membina masyarakat dalam berbagai aspek serta melestarikan adat istiadat dan budaya yang berkembang di masyarakat," ungkap dia.

Karena itu, Aminullah mengharapkan seorang imum mukim harus mampu menjadi teladan bagi masyarakat serta mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berbasis religius.

Di masa lalu, kata Wali Kota, imum mukim pernah berjaya dan berdaulat. Di mana, imum mukim merupakan pemerintahan yang memiliki kewibawaan tinggi dengan segala perangkat dimilikinya.

"Dan sekarang ini, imum mukim dan kelembagaannya harus diperkuat sehingga memiliki kewibawaan seperti masa lalu. Ini yang akan diwariskan kepada generasi selanjutnya," demikian Aminullah Usman.


Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017