Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Aceh mematangkan mental dan fisik atlet yang akan bertanding pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Sekretaris Pengurus Provinsi Percasi Aceh Teuku Ardiansyah di Banda Aceh, Rabu, mengatakan Aceh mengirimkan 12 atlet, enam putra dan enam putri pada PON XXI Aceh-Sumut. Untuk cabang olahraga catur, diselenggarakan di Berastagi, Provinsi Sumatera Utara, 10 hingga 19 September 2024.

"Pemusatan latihan atlet catur sudah selesai dilaksanakan. Kini, tinggal mematangkan mental bertanding dan fisik atlet. Mental dan fisik ini yang akan menentukan keberhasilan seorang atlet," katanya.

Teuku Ardiansyah menyebutkan Aceh akan mengikuti nomor beregu dan perorangan cabang olahraga catur, baik putra maupun putri. Masing-masing nomor mempertandingkan catur standar, kilat, dan cepat.

"Target untuk mereka adalah dua dari 12 medali emas yang diperebutkan. Harapan kami ada di beregu putra dan perorangan putri," kata Teuku Ardiansyah menyebutkan.

Menyangkut dengan pemusatan latihan, Teuku Ardiansyah menyebutkan ke-12 atlet catur Aceh sudah selesai mengikuti pelatihan di Jakarta. Selain itu, mereka juga mengikuti sejumlah kejuaraan level nasional selama mengikuti pemusatan latihan tersebut.

Dari hasil mengikuti kejuaraan tersebut, kata dia, menunjukkan kemampuan atlet catur Aceh yang dipersiapkan untuk PON XXI sudah sepadan dengan pecatur-pecatur papan atas dari provinsi lainnya.

"Kalau dilihat dari kemampuan atlet, kami optimis mereka mampu bersaing dengan pecatur unggulan pada PON nanti. Kini, tinggal bagaimana mematangkan mental bertanding serta fisik dan kesehatan mereka saat bertanding di PON nanti," kata Teuku Ardiansyah.


Baca juga: Percasi Aceh fokuskan pelatda tim catur PON di Jakarta

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024