Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue melalui Dinas Pendidikan memamerkan berbagai hasil inovasi pelajar di kabupaten kepulauan di Provinsi Aceh tersebut dalam rangka memeriahkan hari pendidikan daerah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue Firmanuddin di Simeulue, Selasa, mengatakan pameran karya pelajar tersebut untuk mendorong generasi muda di daerah tersebut untuk terus berinovasi.

"Beberapa karya dan inovasi pelajar yang dipamerkan di antaranya anyaman tikar, tas, keranjang, kapal-kapalan, dan lainnya. Bahan baku di antaranya dari tanaman kelapa, daur ulang sampai dan lainnya," katanya.
 
Firmanuddin mengatakan pameran invasi pelajar tersebut diikuti oleh 11 anjungan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dari dari sepuluh kecamatan di kabupaten kepulauan di Samudra Hindia tersebut.

Selain pameran, Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue juga menggelar pertunjukan seni dan budaya yang ditampilkan para pelajar serta kalangan guru.

Baca: Pemkab Simeulue latih puluhan pemuda tingkatkan kompetensi kerja

"Kegiatan ini, selain mendorong para pelajar berkarya dan berinovasi, juga dalam rangkaian memeriahkan Hari Pendidikan Daerah Aceh yang diperingati setiap 2 September," Firmanuddin.

Ketua Panitia Pameran PGRI Kecamatan Simeulue Timur Sayuddin mengatakan pihaknya memamerkan seratusan karya seni dan kreasi pelajar dari berbagai sekolah di kecamatan tersebut.

"Pameran ini menjadi tempat pengembangan bagi peserta didik dalam berkarya dan berinovasi. Kami mendukung kegiatan ini berkelanjutan guna melahirkan generasi bangsa yang memiliki kemampuan dalam berkarya serta mengembangkan inovasi diri," kata Sayuddin.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.

Baca: Ratusan siswa di Simeulue ikuti pawai taaruf sambut hari pertama sekolah
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024