Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue menyalurkan sepeda motor ambulans untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya masyarakat di pedalaman kabupaten kepulauan tersebut.

Penjabat Bupati Simeulue Teuku Reza Fahlevi di Simeulue, Rabu, mengatakan sepeda motor ambulans tersebut disalurkan kepada 13 petugas kesehatan di empat puskesmas pedalaman di kabupaten tersebut.

"Ada sebanyak 13 sepeda motor ambulans kami bagikan kepada petugas kesehatan. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat," kata Teuku Reza Fahlevi.

Penjabat Bupati Simeulue itu mengharapkan sepeda motor ambulans tersebut digunakan untuk melayani masyarakat yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat.

Ia juga mengingatkan agar sepeda motor ambulans tersebut dimanfaatkan dengan sebai-baiknya sesuai dengan peruntukkannya, sehingga masyarakat benar-benar merasakan manfaatnya.

"Manfaatkan sepeda motor ambulans tersebut untuk melayani masyarakat yang berada di pedalaman dan pelosok wilayah yang hanya bisa dijangkau kendaraan roda dua," kata Teuku Reza Fahlevi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Armidin mengatakan belasan sepeda motor ambulans tersebut disalurkan kepada empat puskesmas, yakni Puskesmas Lamerem, Puskesmas Alafan, Puskesmas Simeulue Timur dan Puskesmas Simeulue Barat. 

"Sedangkan satu unit di antaranya digunakan sebagai alat transportasi layanan kesehatan gudang farmasi Dinas Kesehatan," kata Armidin menyebutkan.

Ia mengatakan pengadaan kendaraan roda dua untuk layanan kesehatan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan RI tahun anggaran 2024.

"Kami mengharapkan sepeda motor ambulans tersebut dijaga dan dirawat dengan baik serta dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat," kata Armidin.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024