Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Liza Marfandi mengatakan bahwa kesehatan adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya urusan rumah sakit atau Puskesmas.

“Kesehatan adalah pilar utama dalam pembangunan suatu daerah. Tanpa kesehatan, sulit bagi masyarakat untuk berkontribusi secara optimal dalam pembangunan,” ujarnya saat pembukaan Sosialisasi Penyelenggaraan Integrasi Layanan Primer (ILP) di Blangpidie, Kamis.

Pemkab Abdya menekankan bahwa penyelenggaraan pelayanan kesehatan harus menjadi prioritas utama, terutama di tingkat primer.

ILP bertujuan menyatukan berbagai layanan kesehatan dasar di Puskesmas, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnya, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih mudah, efisien, dan terkoordinasi.

Menurut dia, ada beberapa hal penting dalam penyelenggaraan ILP. Sinergi antar layanan kesehatan, penguatan tenaga kesehatan, pemanfaatan teknologi, dan partisipasi masyarakat.

“Penyelenggaraan ILP bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan membutuhkan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa Pemkab akan terus mendukung inisiatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan layanan kesehatan.

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024