Penjabat Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma menyatakan indeks pembangunan statistik (IPS) di kabupaten itu naik menjadi 2,85 atau tumbuh sekitar 1,34 dibanding dengan tahun lalu hanya di angka 1,51.

"Atas nama pribadi dan Pemkab Aceh Selatan, kami bersyukur sekaligus mengucapkan terima kasih kepada BPS atas peningkatan IPS yang signifikan dalam pelaksanaan EPSS 2024," kata Cut Syazalisma di Aceh Selatan, Jumat.

Indeks pembangunan statistik tersebut diumumkan dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2024 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Pemkab Aceh Selatan, kata Cut Syazalisma, berhasil meraih IPS sebesar 2,85 dengan capaian predikat baik. Capaian tersebut tidak terlepas dari peran forum komunikasi pimpinan daerah dan seluruh pihak, khususnya BPS Kabupaten Aceh Selatan bersama satuan kerja perangkat daerah.

Baca: Ini visi dan misi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan

Ia menyebutkan Pemkab Aceh Selatan terus berupaya dengan serius dalam meningkatkan indeks pembangunan. Dan tahun ini mampu melompati dua tingkatan, dari predikat kurang menjadi Baik. 

"Kami berharap indeks pembangunan ini dapat terus ditingkatkan, sehingga IPS Pemkab Aceh Selatan melampaui angka 3,5 dan meraih predikat sangat baik dan memuaskan," kata Cut Syazalisma.

Cut Syazalisma mengatakan dalam meningkatkan indeks pembangunan ini yang terpenting keberadaan data yang akurat. Kemudian, pengambilan kebijakan dan penyusunan program serta kegiatan pembangunan daerah tepat sasaran.

"Dari 23 kabupaten kota di Provinsi Aceh, tercatat hanya tujuh yang meraih predikat baik pada 2024, di antaranya Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan," kata Cut Syazalisma.

Baca: KNTI sebut ada tiga problem nelayan di Aceh Selatan
 

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024