Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat Tri Suswati Tito Karnavian meminta generasi muda Sabang untuk meningkatkan kemampuan diri atau skil guna menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Masalah yang akan datang yang pasti akan lebih rumit dari sekarang karena persaingan dunia akan semakin keras terutama adalah terkait kemampuan sumber daya manusianya," kata Tri Suswati Tito Karnavian di Kota Sabang, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum TP-PKK Pusat sekaligus Ketua Umum Pembina Posyandu itu ketika kunjungan kerjanya pada kegiatan temu kader, sosialisasi kesehatan reproduksi dan mitigasi bencana, yang berlangsung di Gedung Serba Guna Lanud Maimun Saleh Kota Sabang.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 500 peserta, terdiri dari 150 kader PKK dan 350 pelajar SMA/sederajat se Kota Sabang. Tujuannya untuk memperkuat peran Posyandu di berbagai bidang serta meningkatkan sinergitas antar kader-kader PKK juga Posyandu di Kota Sabang.

Baca: PKK ajak anak muda bangkitkan kembali Wastra Aceh

Menurut Tri, Sabang memiliki harta karun luar biasa berupa sumber daya alam, dimana laut membentang luas, hutan hijau yang sangat asri, dan ikan yang melimpah. 

Namun, semua kekayaan alam itu harus didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni agar pembangunan di Pulau Weh itu semakin pesat.

"Jadi kalian ini anak-anak bunda harus bermimpi jauh. Indonesia ini sudah merencanakan bahwa tahun 2045 itu jadi Indonesia Emas, dimana menciptakan generasi yang aktif dan produktif, jadi kalian harus mempersiapkan diri dengan memperluas keahlian menghadapi masa depan," ujarnya.

Temu ramah kader PKK ini juga dirangkai dengan beragam kegiatan lainnya, seperti skrining HB bagi remaja putri, sosialisasi kesehatan reproduksi dengan tema Remaja Sehat Cegah Stunting, serta siaga bencana gempa bumi dan tsunami bagi kader muda dalam rangka peringatan 20 tahun tsunami. 

Dalam acara itu, Tri Suswati Tito Karnavian didampingi Pj Ketua TP PKK Aceh sekaligus Ketua Bidang IV TP PKK Pusat Safriati Safrizal dan Pj Ketua TP PKK Kota Sabang Zikri Hayati Andri Nourman.

Baca: TP PKK ajak mahasiswi Aceh berani berwirausaha
 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024