Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Anggota TNI AL bersama nelayan bergotong-royong membersihkan Pantai Pusong, Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Selasa, agar kawasan objek wisata itu terlihat bersih dan indah.

Kegiatan sosial yang juga melibatkan pelajar tersebut dipimpin oleh Komandan Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) M Sjamsul Rizal.

Kegiatan yang dilakukan adalah pembersihan pada selokan dan pinggiran pantai. Sampah-sampah yang dikumpulkan tersebut diangkut dengan armada kebersihan Pemko Lhokseumawe untuk dibuang di lokasi pembuangan sampah.

Danlanal  Sjamsul Rizal mengatakan, kegiatan yang dilakukan secara manunggal antara TNI AL dan masyarakat nelayan serta pelajar dan juga Pramuka Saka Bahari Lhokseumawe, adalah sebagai wujud menjaga kebersihan pantai.

Karena menurutnya, kebersihan pantai harus selalu diperhatikan terutama dari sampah-sampah yang sulit diurai seperti plastik, sehingga sasaran utama kegiatan pembersihan pantai tersebut adalah untuk membersihkan pinggiran pantai dari sampah yang dapat mencemari dan mengotori laut.

"Plastik ini sangat sulit diurai bahkan sampai ratusan tahun baru hancur. Jika dibiarkan sampah plastik di pantai tentu akan mengotori dan mengganggu biota hidup lainnya yang ada di perairan sekitar pantai. Oleh karena itu, sasaran utama kita pada kegiatan ini adalah sampah plastik," ujar dia.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan bersih-bersih pantai itu dapat menjadi sosialisasi sekaligus edukasi kepada masyarakat pinggiran pantai untuk terus menjaga kebersihan pantai sebagai bentuk keberlangsungan lingkungan hidup yang bersih dan sehat.



Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017