Komando Resor Militer (Korem) 012 Teuku Umar memastikan sebanyak 345 prajurit TNI dari Yonif 116 Garda Samudera sudah kembali ke Aceh setelah melaksanakan tugas tergabung dalam Satgas Pam Objek Vital Nasional PT Freeport di Papua selama 9 bulan.

“Total prajurit yang sudah kembali dari kloter satu sampai kloter tiga saat ini sudah mencapai 345 orang,” kata Kepala Seksi Operasi Korem 012 Teuku Umar Mayor Infanteri Rana Mega Al Amin, dalam keterangan diterima di Meulaboh, Aceh Barat, Minggu.

Menurutnya, jumlah prajurit Yonif 116 Garda Samudera yang melaksanakan tugas negara untuk diberangkatkan ke Papua berjumlah sebanyak 555 orang, dan prajurit yang sudah kembali sebanyak 345 orang.

Baca juga: Pangdam kerahkan ratusan prajurit TNI tangani banjir di Aceh Tenggara

Sedangkan sisanya sejumlah 210 orang akan kembali ke Aceh secara bertahap hingga tanggal 18 Oktober 2024.

“Kita semua berdoa dan berharap agar semuanya dapat kembali dengan selamat dan lengkap ke satuannya,” kata Mayor Inf Rana Mega Al Amin menambahkan.

Ia mengatakan, tugas ini adalah kebanggaan dan kehormatan dalam mengemban kepercayaan yang diberikan oleh negara untuk melaksanakan tugas Pam Obvitnas di PT Freeport, Papua.

Para prajurit TNI sebelumnya tiba di Aceh melalui Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Kemudian, para prajurit serta pasukan menuju ke Rindam Iskandar Muda untuk dilaksanakan pengecekan personil, materil, kesehatan dan barang-barang bawaan lainnya.

Baca juga: Korem Lilawangsa kerahkan prajurit TNI bantu korban longsor di Aceh Tengah

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024