Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Sunawardi, dengan tegas meminta seluruh personel Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk menjaga suasana kondusif selama masa pemilihan kepala daerah (Pilkada) di seluruh TPS yang tersebar di sembilan kecamatan di daerah tersebut.
 
“Saya berharap kepada 510 peserta dari Satlinmas PAM di TPS pada 152 Gampong di sembilan kecamatan agar menjaga suasana kondusif selama Pilkada 2024 ini,” ujar Pj Bupati Abdya di Blangpidie, Kamis.
 
Dalam pidatonya pada acara Apel Kesiapsiagaan Satlinmas PAM TPS Pilkada 2024, Sunawardi menekankan pentingnya peran Satlinmas dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama pemilihan umum. Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat daerah dan anggota Satlinmas dari seluruh kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya.
 
Sunawardi mengucapkan syukur yang mendalam kepada Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik. Beliau juga menyampaikan salam dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya yang telah membimbing umat manusia menuju kehidupan yang lebih mulia dan bermartabat.
 
Sunawardi menyambut hangat kehadiran para anggota Satlinmas dan menegaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009, Satlinmas berfungsi untuk membantu pengamanan selama penyelenggaraan pemilu, termasuk di TPS-TPS.
 
Beliau juga mengingatkan tentang Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 yang memperjelas tugas dan fungsi Satlinmas dalam mendukung penyelenggaraan Pilkada. Sunawardi menekankan pentingnya kesiapan dan kesigapan Satlinmas dalam menjaga suasana kondusif selama masa pemilihan.
 
Selain itu, Sunawardi menyoroti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2023 tentang Peningkatan Kapasitas Satlinmas yang menekankan pentingnya peningkatan kompetensi, keterampilan, dan profesionalisme anggota Satlinmas. Pelatihan yang dilakukan hari ini diharapkan dapat memastikan setiap anggota Satlinmas memahami tugas dan tanggung jawabnya dalam mengamankan Pilkada.
 
Acara ini diikuti oleh 510 peserta dari 152 Gampong dan 255 TPS di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya. Sunawardi berharap seluruh anggota Satlinmas dapat mengutamakan sikap profesionalisme dalam menjalankan tugas di lapangan.
 
Sunawardi menegaskan bahwa kesiapsiagaan yang dipersiapkan hari ini bukan hanya simbol, tetapi langkah nyata untuk memastikan bahwa proses Pilkada di Kabupaten Aceh Barat Daya berjalan dengan baik, aman, dan lancar. Beliau juga mengingatkan pentingnya menjaga netralitas dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin merusak ketertiban atau mencederai demokrasi.
 
Dengan kesiapan dan komitmen seluruh anggota Satlinmas, Sunawardi yakin bahwa pemilihan dapat berjalan aman, tertib, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
Acara ini menjadi bukti nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya dalam menciptakan suasana pemilihan yang damai dan tertib, serta memastikan bahwa demokrasi dapat berjalan dengan baik di daerah ini.

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024