Inovasi biskuit cangkang telur (Biscatur) mengantarkan mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh mewakili Indonesia ke kompetisi 48th Inova Invetion Show and Competition yang diselenggarakan World Invention Intellectual Property Association (WIIPA) 2024 di Zagreb, Kroasia. 

"Biskuit cangkang telur (Biscatur) merupakan realisasi usaha mahasiswa dari implementasi produk kompetisi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) pada 2022," kata Chief Executive Officer Biscatur, Galuh Satwika Paramita, di Banda Aceh, Kamis.

Dirinya mengatakan, inovasi mereka bisa mewakili Indonesia pada kompetisi penelitian dan expo inovasi produk terbesar dan tertua di Eropa pada 16-20 Oktober 2024 tersebut setelah lolos seleksi abstrak, dan bersaing dengan 4.000 peserta dari berbagai negara.
 
"Tim biscatur USK sebelumnya juga berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi Hult Prize Regional Mumbai kategori reels pada Juni 2024 dan IPITex pada Februari 2024 di Bangkok," ujarnya.

Inovasi biscatur ini sendiri dikembangkan Galuh Satwika Paramita (Chief Executive Officer) bersama Deffan Dericco (Chief Creative Officer), Fakhriza Naufal (Chief Operational Officer), Diva Maulana (Chief Marketing Officer), dan Muhammad Raiyan Fajri (Chief Financial Officer).
 
Biscatur mulai dipasarkan sejak 2022, dan kini sudah tersebar hingga 30 kabupaten/kota di Indonesia, baik secara online melalui lokapasar, seperti Shopee, TikTok Shop, dan Whatsapp. 

"Selain itu, distribusi retailer langsung yang tersebar dari Banda Aceh hingga Bali," katanya. 

Untuk diketahui, biskuit dari cangkang telur ini dibuat dari bahan utama cangkang telur, susu etawa, dan palm sugar yang banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita terutama kebutuhan kalsium untuk pencegahan stunting dan osteoporosis.

Satu produk biscatur ini mengandung 1,5 gram kalsium yang sudah memenuhi kebutuhan 100 persen kalium. 

Sementara itu, Dekan FKG USK Banda Aceh, Cut Soraya, menyampaikan selamat kepada tim biscatur yang telah mengharumkan nama kampus jantung hati rakyat Aceh tersebut.
 
"Selamat berjuang. Semoga kembali bisa mengharumkan nama USK di kancah global. Kami bangga atas perjuangan anak-anak," demikian Cut Soraya.
 

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024