Lima peneliti dari empat negara menghadiri International Conference on Chemical Enggineering and Applied Sciences (ICChEAS) yang digelar Departemen Teknik Kimia (DTK) Universitas Syiah Kuala.

Ketua Panitia ICChEAS 2024 Syawaliah di Banda Aceh, Jumat, mengatakan, konferensi diselenggarakan DTK Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh itu, bertujuan untuk berbagi ide dan inovasi terbaru dalam bidang teknik kimia dan ilmu terapan lainnya.

"Lima ilmuan dan peneliti dari luar negeri tersebut hadir sebagai pembicara ICChEAS. Mereka berbagi ide dan inovasi terbaru dalam bidang teknik kimia dan ilmu terapan lainnya," kata Syawaliah.

Adapun pembicara luar negeri tersebut Prof Mohd Azlan dari Malaysia, Prof Md Abul Kalam dari Australia, Prof Mathias Ulbricht dari Jerman, Prof Noor Fitrah Abu Bakar dari Malaysia dan Prof Muhammad Roil Bilad dari Brunei Darussalam,

"Seminar internasional yang dibuka Rektor Universitas Syiah Kuala Prof Marwan, Kamis (17/10), dihadiri para guru besar dari berbagai perguruan tinggi, baik dari USK Banda Aceh, Undip, Unri, Universitas Teknologi MARA, dan Universitas Lambung Mangkurat.

ICCheAS merupakan agenda rutin tahunan diselenggarakan DTK Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. ICCheAS 2024 fokus para ilmuan dan peneliti mendiskusikan aspek inovasi pada energi hijau yang berkontribusi pada masa depan.

Syawaliah mengharapkan kegiatan tersebut dapat menjadi referensi banyak pihak, terutama kehadiran para peneliti yang ahli dibidangnya, bisa menjadi masukan-masukan bagi pemerintah dan juga pemangku kepentingan lainnya dalam penerapan untuk berbagai aspek kehidupan.

"Konferensi ini juga jadi tonggak penting bagi DTK USK Banda Aceh untuk terus melahirkan inovasi dan gagasan penting bagi kemajuan ilmu pengetahuan," kata Syawaliah.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024