Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh menetapkan tujuh nama sebagai panelis debat publik pertama pasangan calon peserta pemilihan gubernur (pilgub) pada Pilkada 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilihan, dan Partisipasi Masyarakat KIP Provinsi Aceh Hendra Darmawan di Banda Aceh, Selasa, mengatakan panelis bertugas menyusun pertanyaan pada debat publik. Panelis dari kalangan akademisi, profesional, dan tokoh masyarakat.

"Debat publik pertama digelar 25 Oktober 2025 di sebuah hotel di Banda Aceh. Debat publik tersebut juga disiarkan melalui televisi dan akun media sosial KIP Aceh," kata Hendra.

Baca juga: Enam tema besar debat kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh

Adapun panelis debat publik tersebut yakni Prof DR Herman Fithra, Prof DR Amhar Abubakar, Prof T Zulfikar, DR Effendi Hasan, Teuku Zulkarnaen, dan Suraiya Kamaruzzaman.

Hendra menyebutkan debat publik pertama dengan dua tema yakni tata kelola pemerintahan Aceh meliputi syariat Islam dan kekhususan Aceh serta pelayanan publik.

"Tema kedua tentang kemajuan Aceh meliputi pembangunan berkelanjutan, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan pemberdayaan masyarakat, disabilitas, serta kelompok minoritas dan marginal," katanya.

Hendra Darmawan menyebutkan debat publik bertujuan menyebarkan visi, misi, dan program kerja masing-masing pasangan calon kepada masyarakat. Visi, misi, dan program kerja ini menjadi pertimbangan masyarakat dalam menentukan pilihannya.

"Debat ini juga untuk menggali setiap tema serta kemampuan pasangan calon menyampaikan gagasan, sehingga menjadi pertimbangan masyarakat dalam menentukan pilihannya pada pilkada nanti," kata Hendra Darmawan.

Pilkada di Provinsi Aceh digelar serentak antara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dengan pemilihan 18 bupati dan wakil bupati serta lima pemilihan wali kota dan wakil wali kota.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh diikuti dua pasangan calon, yakni Bustami Hamzah dan M Fadhil Rahmi serta Muzakir Manaf dan Fadhullah. Pemilihan tersebut dijadwalkan pada 27 November 2024.

Baca juga: KIP Aceh bentuk tim perumus debat kandidat Pilgub, libatkan tokoh masyarakat
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024