Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyatakan santri merupakan agen jihad untuk kemajuan bangsa melalui pendidikan dan pengabdian kepada agama dan bangsa.

“Santri merupakan pilar penting dalam mempertahankan nilai-nilai moral dan keagamaan dalam masyarakat serta garda terdepan dalam menjaga nilai luhur, toleransi dan persatuan,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Jantho, Rabu.

Pernyataan itu dismpaikan dalam rangka memperingati hari Santri Nasional Tahun 2024. Peringatan hari santri di Kabupaten Aceh Besar di pusatkan di Komplek Pesantren Al Fauzul Kabir, Kota Jantho.

Ia menjelaskan peringatan hari santri tahun 2024 tersebut merupakan salah satu memontum penting dalam rangka untuk mengenang kembali perjuangan ulama dan santri dalam mengusir penjajah.

Ia mengajak semua elemen agar bergandengan tangan dan berkomitmen untuk mendukung para santri yang ada di dayah dan pesantren untuk berkreasi dan berinovasi, karena bangsa dan negara membutuhkan anak-anak muda yang punya bekal agama dan ilmu pengetahuan serta budi pekerti yang baik.

"Kami atas nama Pemerintah Aceh Besar mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2024, semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan keberkahan dalam perjuangan kita semua dalam memajukan negeri ini," katanya.

Peringatan hari santri nasional tahun 2024 turut dimeriahkan dengan berbagai atraksi santri Al Fauzul Kabir dan santri Pesantren Muamalat Solidrity Boarding School serta penyerahan award prestasi dan bantuan kepada santri berprestasi serta kurang mampu.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Sekda Aceh Besar, Sulaimi, Ketua DPRK Aceh Besar, Abdul Muchti, unsur Forkopimda setempat dan Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar, Cut Rezky Handayani.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024