Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Aceh menyatakan sebanyak 10.355 peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) sudah mengikuti ujian dengan sistem computer assited test atau CAT.

Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Aceh Sri Yusfini di Banda Aceh, Jumat, mengatakan ujian CAT tersebut berlangsung sejak 19 hingga 30 Oktober 2024. 

Hingga hari ini, tercatat 10.355 dari 24.454 peserta seleksi CPNS di Kemenkumham Aceh yang mengikuti ujian CAT. Selebihnya, mengikuti ujian hingga 30 Oktober 2024," kata Sri Yusfini menyebutkan.

Sri Yusfini mengatakan formasi CPNS di Kemenkumham Aceh sebanyak 276 orang. Formasi tersebut terdiri penjaga tahanan umum terdiri 134 pria dan 57 wanita. Serta formasi pemeriksa keimigrasian pemula meliputi 43 pria dan 42 wanita.

Ujian CAT tersebut, kata dia merupakan seleksi kompetensi dasar. Di mana peserta seleksi kompetensi dasar ini adalah mereka yang sebelumnya dinyatakan lolos seleksi administrasi. Peserta lulus ujian CAT adalah mereka dengan nilai tertinggi.

"Dari 24.454 peserta, nantinya yang dinyatakan lulus adalah mereka dengan nilai tertinggi. Jumlah yang dinyatakan lulus sebanyak tiga kali dari jumlah formasi. Selanjutnya, mereka seleksi kompetensi bidang, terpilih sebanyak jumlah formasi tang tersedia," katanya.

Sri Yusfini mengatakan mereka yang lulus seleksi dan terpilih sebagai CPNS untuk tamatan sekolah lanjutan atas akan ditempatkan di satuan kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Aceh.

Sedangkan untuk lulusan sarjana, penempatannya ditentukan di pusat. Bagi yang lulus dan terima sebagai CPNS Kemenkumham, mulai bekerja pada awal 2025. Semua tahapan seleksi tidak dipungut biaya dan jangan percaya calo," kata Sri Yusfini.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024