Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Koordinator Solidaritas Aceh untuk Rohingya Tgk Faisal Ali mengajak masyarakat untuk bersama-sama membantu muslim Rohingya, sehingga dapat mengurangi penderitaan yang dialami.

"Tahap pertama, kita akan lakukan penggalangan dana dan pengumpulan beras dari masyarakat Aceh untuk kita sumbang ke pengungsi Rohingya. Kita juga akan kampanye secara massif agar masyarakat berdoa secara rutin untuk Rohingya di masjid-masjid dan tempat ibadah lainnya," katanya di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan pihaknya akan mengkoordinir seluruh elemen masyarakat Aceh dalam gerakan solidaritas tersebut dan bantuan yang dihimpun akan disalurkan melalui lembaga-lembaga kemanusiaan yang kredibel dan terpercaya seperti Aksi Cepat Tanggap (ACT) atau lainnya.

"Kami juga akan koordinasi dengan Gubernur Aceh, bupati dan rektor Universitas di Aceh untuk memperkuat gerakan ini dan kita berharap dapat membangun shelter dan dengan nama "kampung Aceh" untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh," kata Faisal Ali yang juga Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh.

Sekretaris Solidaritas Aceh untuk Rohingya, Teuku Farhan menyatakan, pihaknya juga akan mengkampanyekan gerakan "breuh sicupak"(segenggam beras) untuk Rohingya dengan harapan setiap masyarakat bisa berpartisipasi membantu Rohingya.

Ia mengajak seluruh warganet Aceh untuk menunjukkan solidaritas untuk Rohingya atas nama persaudaraan Islam dan kemanusiaan.

"Mari kita sisihkan sebagian rizki kita untuk membantu mereka. Ayo kita bantu bantu mereka walaupun hanya dengan "breuh sicupak, " kata Teuku Farhan.    
   
Ia menambahkan donasi masyarakat Aceh yang terkumpul nanti akan dikirimkan pada 25 September 2017 melalui Kapal Kemanusiaan yang akan menuju Bangladesh melewati Aceh.

Farhan mengatakan bantuan berupa beras bisa dikirimkan langsung ke Sekretariat Solidaritas Aceh untuk Rohingya di Komplek Kantor MPU Aceh, Lampeuneurut. Sementara untuk donasi juga bisa dikirimkan melalui rekening : Bank Aceh Syariah (116) 610.01.99.000088.4 an. Aceh untuk Rohingya.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017