Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf direncanakan mempromosikan kopi Gayo dan menggaet Investor dalam kegiatan Istanbul Coffee Festival (ICF) dan Istanbul-Aceh Business Investment Forum di Istanbul, Turki, pada 21- 24 September 2017, kata pejabat setempat.

"Gubernur Aceh akan diberikan kesempatan khusus untuk memaparkan Gayo Arabica Cofffe pada Acara Pembukaan International Coffee Forum tanggal 21 September 2017," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan Istanbul Coffee Festival (ICF) yang dilaksanakan di Kucukciftlik Park, Istanbul merupakan forum pertemuan para Pengusaha dan produsen kopi international, di sana akan mempertemukan potential buyers, seller dan business patners.

"Istanbul merupakan pintu masuk utama ke pasar Turki untuk kegiatan international, letaknya yang stategis dan merupakan hub perdagangan ke wilayah Eropa, Timur Tengah dan Afrika, sehingga produk kopi dari Aceh bisa masuk wilayah tersebut," kata Mulyadi
    
Menurut Mulyadi Nurdin, Pemerintah Aceh yang dipelopori Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, bersama Pengusaha mengikuti acara ini dengan pertimbangan, forum tersebut merupakan salah satu ajang promosi kopi terbesar dan terpenting di Turki.

Ia mengatakan Pemerintah Aceh bersama Pengusaha kopi Gayo akan membuka booth Pameran pada acara ICF Turki tersebut untuk memperkenalkan green bean cofffee Arabica, tester kopi dan lainnya.

Selanjutnya, Pada tanggal 22 September 2017, Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Aceh bersama Para pengusaha Turki yang difasilitasi oleh Hemin Hetay Group, akan melaksanakan Pertemuan Istanbul-Aceh Business Investment Forum di hotel Hilton Boshporus.

"Gubernur Aceh Irwandi Yusuf juga akan memaparkan Aceh Investment Profile, di hadapan 100 pengusaha Turki dengan Fokus pemaparan menjelaskan tentang prospek Investasi Aceh di sektor Infrastrukur dan Energi, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe, Agro Industry (CPO dan Oil Refinary), ekspor kopi Arabica melalui KEK Arun, serta Pariwisata," katanya.

Ia mengatakan dengan kehadiran Gubernur Aceh di Turki tersebut akan meningkatkan ekspor komoditi produk Aceh, peningkatan kunjungan turis Turki ke Aceh dan terjalinnya kerja sama dalam bidang Investasi, terutama kerja sama energi ramah lingkungan dan kerja sama dengan Pemerintah Istanbul. 


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017