Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Besar Ridwan Jamil menyatakan hingga saat ini sudah terbentuk delapan pos kecamatan di Kabupaten setempat.

"Kami terus berusaha untuk meminimalkan kejadian kebakaran dengan membangun Pos Pemadam Kebakaran untuk tiap-tiap kecamatan dan saat ini baru terealisasi hanya untuk 8 kecamatan," katanya di Jantho, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya usai apel siaga bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2017 di halaman Kantor BPBD Aceh Besar di Kota Jantho yang dipimpin langsung Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali.

Ridwan menyebutkan ke delapan kecamatan itu masing-masing Kecamatan Lembah Sulawah, Seulimuem, Kota Jantho, Sukamakmur, Lhoong, Baitussalam dan Mesjid Raya.

Menurut dia saat ini pihaknya masih membutuhkan penambahan petugas pemadam kebakaran dalam mengoptimalkan tugas untuk penanganan bencana yang terjadi di kabupaten yang memiliki 23 kecamatan tersebut.

Ia menjealskan idealnya satu Pos Damkar tersebut diisi oleh 12 personil (4 orang satu shift) dan saat ini BPBD memiliki 65 orang petugas Pemadam Kebakaran.   
    
"Dalam penanganan penaggulangan bencana BPBD tidak bekerja sendiri, tetapi bahu membahu bersama instansi, dan organisasi terkait lainnya," katanya.

Pihaknya terus membangun komunikasi dengan semua pihak dalam melakukan penanganan dan reaksi cepat terhadap berbagai becana yang terjadi di Kabupaten Aceh Besar.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017