Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan pemuda merupakan garda terdepan dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Peredaran dan penyalahgunaan narkoba ini sudah sangat memprihatinkan. Karena itu, pemuda harus menjadi garda terdepan dalam memeranginya," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Sabtu.

Wali Kota Banda Aceh menyampaikan hal tersebut pada pengukuhan Forum Generasi Gemilang Antinarkoba Kota Banda Aceh periode 2017-2021.

Aminullah Usman menyebutkan, peredaran dan penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang atau narkoba di Indonesia, termasuk di Provinsi Aceh telah berada pada level mengkhawatirkan.

Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN) yang dirilis, korban penyalahgunaan narkoba meningkat setiap tahunnya. Misalnya pada 2008, korban penyalahgunaan narkoba sebesar 1,99 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Angka tersebut meningkat menjadi 2,32 persen atau setara dengan 3,8 juta jiwa pengguna narkoba pada tahun 2011. Angka tersebut meningkat menjadi 2,56 persen pada 2013.

"Pada 2015, meningkat menjadi 2,8 persen dan terus meningkat menjadi 2,9 persen pada tahun 2016 atau setara 5,1 juta jiwa. Berdasarkan data tersebut, tercatat 40 orang di Indonesia mati setiap hari karena narkoba," ungkap dia.

Oleh karena itu, Wali Kota mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Banda Aceh untuk menyatakan perang terhadap narkoba. Dan pemuda harus mampu menjadi garda terdepan memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Setidaknya, perang melawan narkoba adalah dengan menjaga dan mengawasi diri sendiri maupun anggota keluarga masing-masing agar jangan sampai bersentuhan dengan narkoba. Serta menggalakkan olahraga karena olahraga menjadi cara efektif agar terhindar dari pengaruh buruk narkoba," kata Aminullah Usman.

Wali Kota menyebutkan, pemuda merupakan elemen penting dalam tatanan kemasyarakatan. Oleh karenanya, peranan pemuda dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba sangat dibutuhkan.

"Kami berharap, lahirnya Forum Generasi Gemilang Antinarkoba dapat menjadi wadah bagi pemuda mencegah dan memerangi peredaran serta penyalahgunaan narkoba. Sekaligus menjadi mitra pemerintah dan penegak hukum membasmi narkoba di Kota Banda Aceh," kata Aminullah Usman.

Ketua Umum Forum Generasi Gemilang Antinarkoba Kota Banda Aceh M Zidan Al-Hafidz menyatakan, pihaknya siap membantu pemerintah memerangi narkoba.

Oleh karenanya, Forum Generasi Gemilang Antinarkoba mengajak seluruh lapisan masyarakat menabuh genderang perang terhadap narkoba, sebelum orang-orang yang dicintai turut menjadi korban barang terlarang tersebut.

"Narkoba sudah menjadi ancaman serius bagi Bangsa Indonesia saat ini. Narkoba kini sudah menyusup ke semua kalangan, termasuk pelajar maupun pejabat," kata M Zidan Al-Hafidz. 


Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017