Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Bawang merah asal Brebes, Jawa Tengah, dalam dua pekan terakhir mendominasi sejumlah pasar di Kota Lhokseumawe, sehingga pasokan melimpah yang mengakibatkan harganya menurun.

Pedagang di sejumlah pasar dalam wilayah Kota Lhokseumawe, Minggu mengatakan, pasokan bawang merah asal Brebes meningkat dari biasanya, sedangkan pasokan bawang merah lokal asal Kabupaten Pidie dan Kabupaten Aceh Besar saat ini sedang menurun.

Furqan, pedagang di Pasar Inpres Lhokseumawe, mengatakan, sudah sebulan lebih pasokan bawang merah lokal menurun, sedangkan pasokan bawang merah asal Pulau Jawa, saat ini sedang meningkat.

Harga bawang merah Brebes turun menjadi Rp20 ribu dari sebelumnya Rp24 ribu/Kg, sedangkan bawang merah impor tetap bertahan stabil Rp12 ribu/Kg.

Tambahnya lagi, lancarnya pasokan bawang merah dari Pulau Jawa daerah tersebut, menurut pedagang dikarenakan sedang panen di sana sedang panen raya.

Namun apabila, produksi bawang merah lokal mulai banyak, maka dipastikan harganya akan lebih miring lagi dari biasanya, katanya.


Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017