Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Harga bawang merah lokal di sejumlah pasar tradisional dalam wilayah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh mulai naik dalam dua hari terakhir, akibat pasokan yang mulai berkurang.

Furqan, salah seorang pedagang di Lhokseumawe, Rabu mengatakan, kenaikan harga bawang merah lokal saat ini Rp24 ribu/Kg dari sebelumnya Rp20 ribu.

Pedagang itu beralasan, mulai naiknya harga bawang merah lokal yang dijual oleh sejumlah pedagang grosir di Lhokseumawe, karena disebabkan mulai tingginya harga beli dari pedagang besar yang memasok bawang merah ke pasar-pasar.

Sedangkan bawang merah impor, harganya masih seperti biasa dan bertahan Rp12 ribu/Kg. Bawang merah impor tersebut, didatangkan dari pelabuhan Belawan, Sumatera Utara dan dipasarkan kesejumlah pasar tradisional oleh pedagang besar.

Sementara itu, sebelumnya harga bawang merah semakin anjlok di sejumlah pasar tradisional di Kota Lhokseumawe, menyusul banyaknya pasokan dari sejumlah daerah sentra penghasil bawang merah, seperti yang didatangkan dari Brebes, Jawa Tengah.

Namun, seiring mulai berkurangnya pasokan harganya juga mulai melonjak, sedangkan produksi bawang merah lokal di Aceh, umumnya didatangkan dari Kabupaten Pidie dan Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017