Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta pemerintahan gampong memberdayakan ekonomi kerakyatan melalui pembinaan kegiatan ekonomi kreatif.

"Kami meminta pemerintahan gampong atau desa di Kota Banda Aceh memberdayakan ekonomi kerakyatan. Ekonomi kerakyatan merupakan basis perekonomian Kota Banda Aceh," kata Aminullah Usman di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan tersebut disampaikan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman ketika melantik M Hasyim Usman sebagai Keuchik atau Kepala Desa Gampong Emperom, Kecamatan Jaya Baru periode 2017-2023.

Wali Kota menyebutkan, ekonomi kerakyatan merupakan kekuatan untuk mengentaskan kemiskinan dan pengangguran. Dan di sinilah peran pemerintahan gampong ikut berpartisipasi aktif memberdayakan perekonomian masyarakat.

Pemerintah Kota Banda Aceh, kata dia, juga telah membentuk lembaga keuangan mikro syariah. Lembaga keuangan ini untuk mendukung pemberdayaan ekonomi rakyat di ibu kota Provinsi Aceh.

"Peningkatan perekonomian masyarakat merupakan prioritas Pemerintah Kota Banda Aceh. Oleh karena itu, kami berharap pemerintahan gampong ikut berperan meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Apalagi, kata Wali Kota, pemerintahan gampong mengelola anggaran tersendiri. Selain digunakan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, anggaran tersebut juga harus bisa dikelola dengan baik untuk pembangunan gampong.

"Gunakan anggaran gampong atau desa dengan baik serta maksimal mungkin untuk pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat," pinta Aminullah Usman. 

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017