Sabang (ANTARA Aceh) - Sebanyak 20 negara dari Asia dan Eropa dipastikan mengikuti "Freediving Competition" internasional dari 26 November hingga 1 Desember di Sabang, Provinsi Aceh.

"Semua ada 20 negara yang sudah mendaftar ikut freediving di Teluk Balohan, Sabang," kata Menteri Pariwisata Arif Yahya kepada Antara usai memimpin rapat koordinasi kesiapan Sail Sabang di Lantai VI Kantor Walikota setempat, Selasa.

Menpar menjelaskan, ke-20 negara tersebut meliputi, Indonesia 4 peserta, Singapore (7), China (3), Malaysia (4), Rusia (2), Colombia (1), Netherlands (1), Australia (3), United States (2), UK (1), New Zealand (2) dan Sweden 2 peserta.

Kemudian dari, Korea Utara 1 peserta, Afrika Selatan (1), Perancis (1), Jepang (2), Belgium (2), Thailand (1), Ukraina (1) dan Italia 1 peserta.

Freediving competition merupakan rangkaian kegiatan Sail Sabang dari 28 November sampai 5 Desember 2017 dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 2 Desember.

"Sail Sabang adalah even terbesar di Indonesia dan keseluruhan ada 30 event yang akan memeriahkan Sail Sabang," sebut Menpar.

Lebih lanjut Menpar menyebutkan, Sail Sabang diperkirakan akan dikunjungi oleh 20.000-an wisatawan domestik dan 3.000 di antaranya adalah wisatawan mancanegara.

"Dari Sail Sabang ini Bapak Presiden Jokowi menginginkan?dapat meningkatkan?ekonomi masyarakat Sabang dan Indonesia secara umum meningkat," kata dia.

Panitia Freediving Competition Stanley mengakui, freediving ini baru pertama kali diselenggarakan di Sabang bahkan Indonesia dan peserta dari mancanegara sangat antusias mengikutinya.

"Sejak dua minggu lalu para peserta dari mancanegara sudah aktif latihan di lokasi acara (Teluk Balohan, Sukajaya, Sabang)," ujarnya.

Ia mengungkapkan, freediving yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia itu juga dikuti oleh pemegang rekor dunia yakni William Trubridge dari Selandia Baru.

Sail Sabang mengangkat tema "Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia" dan lokasi puncak difokuskan pada tiga titik, yakni Teluk Sabang atau Pelabuhan CT3 BPKS, Sabang Fair, dan Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017