Jakarta (ANTARA Aceh) - Tokoh Aceh di Jakarta Amir Faisal mendukung diselenggarakannya Kejuaran nasional catur di Provinsi Aceh 
tahun 2018, karena akan menjadi kebangkitan olaharga asah otak di daerah tersebut.
     
"Kami sangat mendukung Kejurnas ini karena selain mengangkat nama Aceh juga menjadi momentum kebangkitan olahraga catur di daerah itu," katanya saat berbincang-bincang dengan Ketua Pengprov Percasi Aceh di Jakarta, Rabu malam.
     
Ia juga berbanji akan ikut membantu menghubungkan pengurus catur Aceh dengan pihak-pihak terkait di Jakarta agar pelaksaaan Kejurnas ini berjalan sukses.
     
Amir Faisal yang juga salah satu pengurus PB Percasi Bidang Dana menyatakan, Kejurnas tersebut diharapkan bisa menjadi barometer olahraga cartur di tingkat nasional.
     
"Suatu saat nanti, kalau orang bicara soal catur, maka kiblatnya di Aceh," kata salah satu pengurus teras di DPP Partai Hanura itu.
     
Owner "The Atjeh Connection" yang mulai senang dengan olahraga olah otak karena seorang putranya jatuh hati dengan catur ini juga akan mengubungkan Pengurus Catur Aceh ke Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto. 
     
Aceh terpilih menjadi Kejurnas  Catur pada hasil Munas PB Percasi di Bogor pada Juli 2017. Pada Kejurnas tersebut nantinya 
akan mempertandingkan 17 katagori, yakni veteran, senior, danjunior putra putri. 
     
Pelaksanaan Kejurnas direncanakan bulan September 2018 bersamaan dengan peringatan Haornas , yang diupayakan akan dibuka oleh Menteri Olahraga Imam Nahrawi. 
     
Event nasional pertama kali akan digelar di Aceh  itu sebelumnya telah mendapat dukungan dari Gubernur Aceh, Ketua DPRA dan KONI Aceh. 
     
Selain memacu peningkatan prestasi olahraga terutama olahraga catur, lewat  penyelenggaraan event nasional ini dapat membangkitkan sektor ekonomi dan menjadikan salah satu bukti bahwa kondisi keamanan Aceh sudah cukup kondusif dan menjadi daerah yang ramah dalam berinvestasi.   

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017