Sabang (ANTARA Aceh) - Walikota Sabang Nazaruddin berharap fasilitas pendukung "Sail Sabang 2017" tidak dipulangkan oleh pemerintah pusat dan dihibahkan untuk pemerintah daerah.

"Kita mengharapkan bantuan kementerian pendukung 'Sail Sabang' seperti bus, mesin genset, mobil tangki air, mobil bok MCK serta WC portable tidak dipulangkan," kata Nazaruddin di Pendopo Walikota Sabang, Minggu.

"Kunjungan wisatawan ke pulau terluar paling ujung barat Indonesia terus meningkat dan kita sangat membutuhkan fasilitas itu semua," timbal Walikota Sabang.

Sail Sabang berlangsung sejak 28 November sampai 5 Desember 2017 mengangkat tema "Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia".

Pengelaran agenda tahunan nasional tersebut turut melibatkan sejumlah kementerian diantaranya, Kementerian Pariwisata, Kenterian Koordinator Kemaritiman, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR dan pemerintah daerah.

Kementerian PUPR membantu delapan unit mobil tangki air yang berkapasitas masing-masing 4.000 liter, mobil MCK, truk dan WC bergerak.

Kementerian Perhubungan ikut mendatangkan 29 unit mobil bus untuk memobilisasi lonjakan kunjungan wisatawan selama berlangsungnya Sail Sabang.

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla membuka "Sail Sabang"  di Pelabuhan CT-3 di tengah guyuran hujan deras.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017