Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Tim Satgas Ketahanan Pangan Kota Lokseumawe, Provinsi Aceh, melakukan operasi pasar dalam rangka memonitoring harga sembako di sejumlah pasar, menjelang Tahun Baru 2018.

Ketua Satgas Ketahanan Pangan Kota Lhokseumawe AKP Budi Nasuha Waruwu di Lhokseumawe, Selasa mengatakan, berdasarkan hasil monitoring pihaknya terhadap beberapa pasar dalam wilayah Kota Lhokseumawe, terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok.

"Dari hasil monitoring pihak kita ke beberapa pasar dalam wilayah Kota Lhokseumawe, seperti Pasar Inpres, Pasar Batuphat dan Pasar Pusong mengalami kenaikan harga bahan pokok, seperti beras, telur, cabai merah dan cabai hijau," ungkapnya.

Sebutnya, berdasarkan hasil tanya jawab dengan pedagang, kenaikan sejumlah harga barang dimaksud, diakibatkan oleh kurang maksimalnya produktivitas hasil panen yang disebabkan oleh situasi banjir dan serta permintaan yang meningkat terkait pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Hal ini berdasarkan keterangan tanya jawab dan dialog tim dengan para pedagang dan dikuatkan juga oleh data dari Badan Statistik Kota Lhokseumawe," ungkapnya.

Sementara itu, untuk mengantisi lonjakan harga dan menjaga stabilitas harga sembako, pihak Satgas Pangan, langsung melakukan operasi pasar, dengan menjual penjualan beras murah serta sembako lainnya di perempatan kantor pegadaian Kota Lhokeumawe Komplek Pasar Inpres.

Sedangkan pelaksanaan kegiatan monitoring pasar tersebut dipimpin Iptu Bustani, Kadis Perindagkop diwakili oleh Kabid Perdagangan Disperdagkop Kota Lhokseumawe Irwansyah dan Staf, Staf Perlindungan Konsumen Kota Lhokseumawe Syahrial dan tim, Kadivre Bulog Lhokseumawe diwakili oleh Subhan Kasi Komersil Bulog Lhokseumawe beserta 6 staf Bulog dan tim Satgas Pangan Kota Lhokseumawe.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017