Kutacane (ANTARA Aceh) - Polres Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, menerjunkan 250 orang personelnya untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 di daerah itu.

"Ada 250 personel dengan tiga pos, untuk mengamankan Natal sampai Tahun Baru di wilayah Agara," ungkap Kepala Bagian Operasi Polres Agara, Kompol Alwin Andriyan di Kutacane, Jumat.

Dalam mengamankan kedua hari besar ini, lanjut dia, pihaknya mendapatkan bantuan seperti dari TNI, Satuan Polisi Pamong Praja-Wilayatul Hisbah, dinas perhubungan, dan pemadam kebakaran setempat.

Ratusan petugas pengamanan ini disebar dititik yang dinilai rawan dan pos komando (posko), khususnya di gereja pengamanan Natal dengan sandi Operasi Lilin Rencong 2017.

Ia mengatakan, terdapat tiga titik pos pengamanan di Aceh Tenggara dan masing-masing terdapat di wilayah Kota Kutacane, lalu perbatasan Sumatera Utara yakni Lawe Pakam, dan perbatasan Kabupaten Gayo Lues di Kecamatan Ketambe.

"Pengamanan kita fokuskan di 145 gereja di Agara untuk mengantisipasi semua kemungkinan yang terjadi, meski sejauh ini masih bisa kita bilang aman," terang Alwin.

Wakil Bupati Agara, Bukhari pada hari yang sama saat menggelar pasukan Operasi Lilin Rencong 2017 bertekad mengamankan Nataru tahun ini.

"Apel gelar pasukan ini dalam pengamanan di hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, yang sebentar lagi masyarakat di seluruh Indonesia merayakannya," terang dia.

Ia mengajak seluruh masyarakat di wilayah itu agar secara bersama-sama dapat menjaga ketertiban, kenyamanan, dan keamanan tetap terjalin harmonis. "Ini cuma untuk Aceh Tenggara yang kita cintai ini," tutur Bukhari.

Singkil

Sementara itu, Polres Aceh Singkil juga mengeerahkan 350 personil untuk keamanan jelang Natal dan Tahun Baru dalam operasi Lilin Rencong.

"Personil yang dikerahkan menjelang natal dan tahun baru 2018 guna untuk keamanan sipil, merupakan personil gabungan TNI dan Polri mulai (23/12) hingga tahun baru," kata Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian Miliardin.

Personil gabungan, kata Ian, dari Satuan Polres Aceh Singkil 200 personel, Satuan Brimob 100 personil dan 50 personel dari Satuan Kodim 0109 Singkil.

"Selain itu dalam operasi lilin Rencong ditambah lagi dari sejumlah personil instansi Pemkab setempat seperti Dinas Satpol PP dan WH, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan," ujarnya.

Sementara titik Pos yang ada lima Pos Polsek yang disiagakan yakni Pos Penanggalan, Pos Suro, Pos Simpang kanan, Pos Danau Paris dan Pos Gunung Meriah ditambah lagi Pos Pariwisata yang disiagakan di Pantai Cemara Indah Gosong Telaga, Singkil Utara, Aceh Singkil.

"Singkil kemungkinan akan padat pengunjung di sejumlah kawasan wisata di kawasan Pulau Banyak, jadi personil Polres juga mempersiapkan patroli laut," tutur Ian. 

Pewarta: Muhammad Said/Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017