Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyatakan akan segera meluncurkan kartu program Aceh Besar Sejahtera (Proabes) dalam upaya menekan angka kemiskinan di daerah setempat.

"Insya Allah dengan waktu yang tidak lama lagi kami akan segera meluncurkan kartu Proabes yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka kemiskinan di kabupaten Aceh Besar," kata Mawardi di Aceh Besar, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela peluncuran Bansos Rastra Kabupaten Aceh Besar yang berlangsung di Kantor Camat Baitussalam dan menyerahkan secara simbolis kepada Keluarga Penerima Manfaat.

Ia menyebutkan jumlah angka kemiskinan di Kabupaten Aceh Besar mencapai 15,5 persen dengan keluarga miskin sekitar 39 ribu yang tersebar di 23 kecamatan dalam kabupaten tersebut.

Ia menjelaskan dari total keluarga miskin tersebut sebanyak 28.232 keluagra miskin di kabupaten tersebut telah menerima Bansos Rastra dan ada sekitar 10 ribu masyarakat miskin yang belum, mendapat bantuan tersebut.

"Saya minta Dinas Sosial dapat melakukan pendataan secara akurat sehingga bantuan tersebut tepat sasaran dan upaya menurunkan kemiskinan akan terwujud di masa mendatang," katanya.

Ia mengatakan dalam pengentasan kemiskinan tersebut Pemerintah Pusat juga memberikan bantuan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) yang memperoleh Rp1,85 juta per KPM yang bagi empat tahap setahun.

Mawardi menambahkan dalam penanggulangan kemiskinan tersebut pihaknya menerapkan data terintegrasi yang ikut disingkronkan dalam berbagai kegiatan dalam pengentasan kemiskinan yakni Proabes.

"Kami yakin dengan data terintegrasi dan program Proabes ini upaya mewujudkan Aceh Besar maju, sejahtera dan bermartabat dalam syariat Islam akan terwujud," katanya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018