Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Harga pinang kering di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh anjlok saat produksi sedang tinggi.
 
Anjlok harga salah satu komoditas perkebunan tersebut, telah terjadi dalam beberapa bulan terakhir yang harganya turun secara perlahan-lahan.

Menurut Jamaluddin Rantoe, salah seorang petani pinang di Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Minggu (4/2) malam, harga pinang kering saat ini hanya dibeli sebesar Rp12 ribu/kg. Sedangkan sebelumnya mencapai Rp25 ribu/kg.

"Saat ini, harga pinang yang dibeli oleh pedagang pengumpul dari petani hanya Rp12 ribu per kg, sedangkan sebelumnya sekitar lima bulan lalu harganya masih tinggi, yaitu sekitar Rp25 ribu per kg," ujar Jamaluddin pula.

Menurutnya, harga pinang terus turun dalam lima bulan terakhir hingga bertahan dengan kondisi harga sekarang.

Saat ini tanaman pinang di Kecamatan Sawang dan Kecamatan Nisam Antara, sebagai sentra penghasil pinang di Aceh Utara, sedang panen. Tetapi, kondisi produktivitas tanaman sangat menurun dari biasanya.

"Sekarang tanaman pinang sedang berbuah, akan tetapi produksinya sangat kurang. Dalam satu batang biasanya 4 hingga 5 tandan buah, namun sekarang hanya 2 hingga 3 tandan buah," kata petani pinang tersebut.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018