Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh mencatat produksi kopi arabica dalam delapan tahun terakhir terjadi peningkatan yakni sebesar 31.375 ton pada 2016 dari tahun 2009 yang hanya 27.777 ton.

"Jika dilihat dalam kurun waktu delapan tahun terakhir produksi kopi arabica di daerah kita terjadi peningkatan sejak 2009," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah, Rahmandi di Takengon, Selasa.

Ia menjelaskan jika dilihat untuk produksi secara keseluruhan dari tahun ke tahun terjadi peningkatan termasuk juga dengan produktivitas per hektare dari 725 ton per hektare menjadi 745 per hektare.

"Kami terus berupaya agar produktivitas kopi arabica meningkat setiap tahunnya sehingga upaya meningkatkan kesejateraan petani dapat terwujud di masa mendatang," kata Rahmandi yang turut didampingi Kabid Perkebunan pada Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah, Sulwan Amri.

Ia mengatakan peningkatan produksi tersebut juga tidak terlepas dari sejumlah upaya yang telah dilakukan seperti peremajaan, rehabilitasi, pemangkasan dan perawatan yang baik guna memperoleh hasil maksimal.

Ia menyebutkan luas lahan perkebunan kopi arabica di kabupaten tersebut pada tahun 2016 seluas 48.701 hektare yang terdiri dari tanaman belum menghasilkan 1.373 hektare, tanaman menghasilkan 42.125 hektare dan tanaman tua rusak 5.203 hektare.

"Kami terus melakukan berbagai upaya guna meningkatkan produksi kopi arabika dari Kabupaten Aceh Tengah," katanya. 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018