Meulaboh (Antaranews Aceh) - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Persero memberikan bantuan aplikasi pustaka daring untuk menunjang pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Kepala Kantor Cabang PT Telkom Meulaboh, Afrizal Bodi, di Meulaboh, Kamis, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program nasional untuk membantu pelajar dalam mendapatkan buku mata pelajaran dengan cara lebih mudah.

"Bantuan aplikasi daring ini kita luncurkan dengan tujuan memudahkan pelajar, terutama bagi mereka pelajar yang tingkat ekonomi keluarga menengah ke bawah dalam mendapatkan buku, tanpa harus membelinya,"tuturnya di sela kegiatan kepada wartawan.

Ia menyampaikan bahwa aplikasi daring yang mereka sediakan itu bisa mengakses berbagai jenis buku sesuai dengan tingkat kebutuhan pelajar, kemudian buku bisa disimpan dan dibaca secara offline dalam bentuk PDF setelah diunduh.

Afrizal menmbahkan, semua jenis buku tersedia pada pustaka daring yang disediakan itu, mulai dari Kurikulum Tingkat Satuan (KTSP) sampai kurikulum tiga belas (K-13), pelajar hanya tinggal mengakses pustaka tersebut kapan pun dibutuhkan.

Meski demikian, dalam penggunaannya dan mengaktifkan koneksi pustaka daring itu tetap harus melalui proses pendaftaran komputer yang terhubung dengan koneksi internet pada pihak Telkom, untuk mendapatkan username dan password.

"Semenjak diluncurkan 2017, pustaka online telah diberikan kepada 23 sekolah yang Ada di Aceh Barat, termasuk Perpustakaan Daerah termasuk pendataan pendidikan dan tenaga kependidikan (PPMG)," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, secara nasional program pustaka daringtersebut sudah diluncurkan senjak 2015, namun untuk wilayah kerja Sumatera, khusunya Aceh dimulai pada tahun 2016 dan Kabupaten Aceh Barat baru mendapat giliran di tahun 2017.

Sementara itu Kepala Pustaka SMKN 1 Meureubo, Ishaq, menambahkan, bahwa sekolah mereka memang sangat kekurangan buku, terutama buku-buku menyangkut buku panduan pelajar untuk mata pelajaran tertentu yang mengikuti kurikulum nasional.

Ishaq berharap, program tersebut bisa membantu SMK 1 Meurebo untuk memberikan pendidikan kepada peserta didiknya sesuai standar nasional, dan pihak sekolah sangat menyambut baik adanya bantuan dari perusahaan penyedia jasa milik pemerintah itu.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018