Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Komunitas Aceh Gayo Manual Brewing Aceh di Banda Aceh bertekad memberikan edukasi dan menciptakan peluang usaha bagi kawula muda di daerah tersebut untuk membuka usaha warung kopi bagi anak muda.

"Peluang usaha warung kopi khususnya untuk jenis kopi arabika memiliki peluang yang cukup besar di Banda Aceh dan ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan oleh anak muda," kata Ketua Komunitas Aceh Gayo Manual Brewing, Danurfan di Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan salah satu langkah yang dilakukan dirinya bersama-sama rekan di komunitasnya tersebut dalam rangka memberikan edukasi cara menyeduh kopi yang baik adalah melalui coffe journey workshop.

"Salah satu tujuan dari acara yang kita gelar itu adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait cara menyeduh kopi yang baik dan selanjutnya mereka dapat memanfaatkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki untuk membuka usaha warung kopi," katanya.


Ia mengatakan kegiatan workshop basic manual brewing yang digelar Aceh Gayo Manual Brweing mendapat sambutan hangat dari kawula muda di Kota Banda Aceh khususnya.

"Ada sekitar 36 peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut dan semua peserta sangat antusias mengikuti setiap materi dan juga praktek langsung cara menyeduh kopi dengan baik," katanya.

Menurut dia apabila sudah memahami dengan baik cara menyeduh kopi yang baik sebagai penikmat kopi maka ilmu yang diperoleh tersebut nantinya dapat dimanfatkan sebagai modal untuk membuka warung kopi khususnya bagi generasi muda.

Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan edukasi kepada kawula muda khususnya terhadap cara menyeduh kopi yang baik dan mendorong agar mereka nanitnya dapat menjadi pengusaha sehingga mampu membuka lapangan kerja baru di masa medantang.

Dalam kegiatan coffe journey workshop basic manual brewing turut menghadirkan pemateri yang telah mumpuni di bidang usaha warung kopi dan barista yakni Danurfan, Intika Fonda dan Cupenk.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018