Meulaboh (Antaranews Aceh) - Satua Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Aceh Barat, Provinsi Aceh diminta melaksanakan program prioritas yang dihasilkan dari Musrenbang dalam pengembangan ekonomi kerakyatan dengan berbasis potensi lokal.

Wakil Bupati Aceh Barat, H Banta Puteh Syam, di Meulaboh, Rabu, mengatakan, melalui pengembangan ekonomi dan percepatan pembangunan ketahanan pangan akan mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat disemua gampong/ desa daerah itu.

"Harapan kami, dalam pembahasan forum ini, terkait usulan-usulan yang dihasilkan dari musrenbang kecamatan agar dapat diakomodir secara baik dan benar di masing-masing SKPK sesuai dengan prioritas tahun 2019," sebutnya.

Baca juga: Legislator minta PUPR perbaiki jalan lintas Barat

Pernyataan itu disampaikannya dalam sambutan Bupati Aceh Barat, saat membuka acara forum SKPK tahun 2019, di Gedung Musyawarah Kantor Bappeda Aceh Barat, kegiatan itu diikuti seluruh kepala SKPK dan jajaran setdakab.

Banta Puteh, menyampaikan, pelaksanaan forums SKPK bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang yang telah dilaksanakan di 12 kecamatan daerah itu.

Kemudian, untuk menyelarasakan program dan kegiatan antar SKPK dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergisitas pelaksanaan prioritas pembangunan.

"Disamping itu juga, melalui forum ini SKPK dapat menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing SKPK," sebutnya

Lebih lanjut disampaikan, sejatinya forum ini adalah agenda tahunan yang rutin dilaksanakan, karena SKPK mengemban amanah usulan masyarakat dalam bentuk perencanan program kegiatan yang mendatangkan manfaat besar.

Baca juga: Aceh Barat kerahkan alsintan bantu petani

Karenanya Banta Puteh, berharap, pada pelaksanaan forum SKPK yang dilaksanakan itu akan menghasilkan sebuah rancangan bagi rencana belanja satuan kerja sehingga tersusunnya prioritas kegiatan yang sudah dipilah menurut sumber pendanaan.

Baik dana itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK), APB Aceh maupun dana bersumber dari pemerintah pusat melalui APBN, diharapkan pemanfaatan dana tersebut benar-benar meningkatkan perekonomian dan pembangunan

"Peran SKPK terutama yang membidangi sektor terkait memiliki arti besar bagi keinginan yang diharapkan oleh komponen masyarakat. Harapan kami dapat terwujudnya Aceh Barat yang islami, pembangunan infrastruktur dan ekonomi kerakyatan yang transparan, kredibel, akuntabel dan terintegritas," demikian Banta Puteh Syam.

Pewarta: Anwar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018