Lhokseumawe (Antara) - Dalam upaya meningkatkan kemampuan personil, Pangkalan TNI AL Lhokseumawe, Provinsi Aceh, menggelar latihan bongkar pasang senjata laras panjang dan pendek, Rabu.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh personel militer Lanal Lhokseumawe tersebut dilakukan di Markas Komando (Mako) Lanal Lhokseumawe, Jalan Raya KKA Ds. Paloh Igeuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara.

Komandan Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) M Sjamsul Rizal melalui Palaksa Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Ade Prasetia mengatakan, kegiatan bongkar pasang senjata tersebut, merupakan bagian dari Latihan Tugas Tempur Pangkalan (Glagaspur) P1 dan P2.

"Latihan ini bertujuan menjaga kesiapsiagaan, kedisiplinan dan meningkatkan kemampuan serta profesionalisme prajurit dalam pelaksanaan tugas sehari hari," ujarnya.

Lanjutnya, kemampuan bongkar pasang senjata laras panjang dan pendek bagi prajurit mutlak dikuasai oleh personil TNI AL dalam mendukung tugas pokok TNI AL.

"Harapan kita dengan adanya kegiatan latihan ini, kemampuan personil selalu terasah dan teruji dalam menjalankan tugasnya sehari-hari," harap Ade.

Tambah Palaksa Lanal Lhokseumawe itu lagi, kegiatan Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat 1 dan 2 Lanal Lhokseumawe tersebut, juga dilaksanakan dalam rangka persiapan kedatangan tim uji petik dari Komando Latihan Armada RI Kawasan Barat (Kolatarmabar), yang akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Dimana dengan kemampuan dimaksud akan dijadikan tolak ukur serta sebagai evaluasi untuk peningkatan pelaksanaan latihan dan tugas prajurit Lanal Lhokseumawe yang akan datang," jelas Palaksa Lanal Lhokseumawe.

Sambungnya, materi latihan yang di ujikan nantinya meliputi latihan pertahanan pangkalan yaitu Latihan Peran Tempur Bahaya Umum dan Sabotase Antiteror serta Peran Tempur Bahaya Udara, Latihan Pemadam Kebakaran, Latihan Penindakan Huru-Hara, kata Letkol Laut (P) Ade Prasetia.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018