Singkil (Antaranews Aceh) - Pusat Pengembangan Mutu Guru (PPMG) menilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA dan sederajatnya di tiga kabupaten/kota Provinsi Aceh, 9 hingga 12 April 2018 berjalan lancar.

Kepala UPTD PPMG Wilayah IX Aceh, Drs Adimulta kepada wartawan Jumat di Singkil mengatakan, pelaksanaan UNBK di tiga daerah di Aceh yakni Kabupaten Aceh Selatan, Subulussalam dan Kabupaten Aceh Singkil berjalan lancar.

"Kalaupun ada kendala hanya sesaat seperti sinyal internet dan dan arus listrik di SMA Rundeng, Pemko Subulussalam dan Pulau Banyak, Aceh Singkil," kata Adimulta.

Artinya, lanjut Adimulta, Alhamdulillah keseriusan kepala sekolah dan panitia penyelenggaraan berhasil menjalankan program nasional dan telah berusaha mengatasi kesulitan-kesulitan kekurangan seperti gangguan sinyal internet dan arus listrik walaupun ada beberapa sekolah yang baru tahun ini yang menjalani UNBK.

"Pihak kita selama proses ujian berlangsung terus berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, memang sinyal internet adalah koneksi yang susah dijawab, namun cadangan pasokan listrik seperti genset diusahakan, tetap terjaga," ungkapnya.

Adimulta berharap suksesnya UNBK ini yang diharapkan, sudah berjalan dengan baik tidak terkendala apapun, kalaupun diatasi dengan baik.

"Untuk potensi kedepannya kepada anak-anak kita siswa dan iswi SMA lebih mempersiapkan diri juga para kepala sekolahnya kedepan untuk lebih profesional lagi menjalankan program ujian nasional," ujarnya.

SMA/MA dan SMK dan perangkat guru, kepala sekolah sederajat benar - benar harus mempersiapkan karena jalurnya sudah bergabung dengan provinsi.

Dikatakan, untuk Aceh PPMG ada 9 UPTD mewakili Dinas Pendidikan Provinsi Aceh mengayomi sekolah - sekolah SMA sederajat di kabupaten/kota.

Adimulta mengapresiasi sejumlah usaha para kepala sekolah di kabupaten/kota dalam menjalankan UNBK karena selain ada juga SMA yang baru menghadapi ujian versi online juga mampu mengusahakan fasilitas komputer yang minim tapi tetap di jalankan.

Kemudian terkait jumlah peserta UNBK di Wilayah IX tiga kabupaten/kota, Adimulta belum siap memberikan keterangan resmi.

Pewarta: Khairuman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018