Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar menyatakan gangguan jaringan dari pusat sempat membuat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/sederajat) di kabupaten tersebut tertunda.

"Akibat adanya gangguan server pusat, pelaksanaan UNBK sempat tertunda sekitar satu jam dan Alhamdulillah setelah adanya perbaikan pelaksanaan ujian berlangsung lancar," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Fata Muhammad di Aceh Besar, Senin.

Ia menjelaskan sesuai laporan yang ada dari sepuluh sekolah penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Aceh Besar termasuk di Kecamatan Pulo Aceh pelaksanaannya berjalan dengan baik.

"Laporan yang kami terima pelaksanaan UNBK tingkat SMP/sederajat di Aceh Besar berjalan dengan lancar dan belum ada kendala," katanya.

Ia menyebutkan sebanyak 70 sekolah tingkat SMP/sederajat di Kabupaten Aceh Besar mengikuti ujian nasional berbasis komputer secara serentak pada 23-26 April 2018.

Fata mengatakan dari 70 sekolah yang mengukuti UNBK tersebut, 27 sekolah melaksanakan ujiannya di sekolah sendiri (mandiri), 35 sekolah lainnya pinjam pakai perangkat di SMA/sederajat dan delapan sekolah lainnya menumpang di SMP di Aceh Besar.

"Artinya, semua sekolah SMP/sederajat melaksanakan ujian nasional berbasis komputer, untuk sekolah yang belum ada fasilitasnnya maka menumpang sementra di sekolah lainnya," katanya.

Fata mengatakan jumlah peserta UNBK tingkat SMP/sederajat di Kabupaten Aceh Besar tersebut sebanyak 3.545 siswa yang terdiri dari 1.927 siswa dan 1.618 siswi.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018