Meulaboh (Antaranews Aceh) - Prof Jasman J Ma`ruf, SE, MBA kembali terpilih sebagai Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh untuk periode 2018 - 2022.

"Pemilihan Rektor UTU yang dilakukan senat universutas, yang hasilnya terpilih Prof Dr Jasman dengan suara terbanyak, yaitu 19 suara dari 21 suara sah. Prof Jasman unggul 90,5 persen suara," kata Ketua Panitia, Dr Ir H Komala Pontas, di Meulaboh, Selasa.

Pemilihan Rektor UTU dilakukan senat universitas Senin (21/5) sore, turut dihadiri utusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), dengan membawa surat kuasa menteri untuk memberikan suara dalam pemilihan Rektor UTU.

Prof Jasman unggul dari kandidat lain yaitu Dr T Ahmad Yani, memperoleh dua suara sah dan Dr Ishak Hasan, M. Si tidak mendapatan satu suara, jumlah total ?21 suara sah dari 22 suara anggota senat dan suara menteri, satu abstain.

"Dengan rincian dari anggota senat universitas sebanyak 14 suara, dari Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi memberikan delapan suara kepada calon rektor," terang ketua panitia itu.

Rektor Universitas Teuku Umar itu, dipilih secara demokrasi melalui pemungutan suara di uula utama kampus UTU, pemungutan suara dilakukan secara tertutup berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB berjalan lancar dan aman.

Turut hadir mewakili Menristekdikti, yakni Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemenristekdikti, Ani Nurdiani Azizah, SH, M.Si, atas nama menteri disampaikan ucapan selamat serta apresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu secara demokrasi.

"Syukur alhamdulliah, kegiatan pemilihan raktor sukses dan lancar. Saya menyampaikan ucapan selamat kepada Prof Jasman yang telah terpilih untuk dapat mengemban amanah selama empat tahun ke depan," katanya usai pemilihan dan perhitungan suara.

Ani Nurdiani menyampaikan, meskipun perguruan tinggi negeri UTU yang masih baru, namun pelaksanaan pemilihan rektor dapat berjalan dengan baik dan demokrasi.

Prof Jasman J Ma`ruf, telah memimpin UTU selama empat tahun pasca penegerian yakni 2014-2018.

Ia dipercayakan kembali memimpin dari hasil pengumutan suara senat universitas sehingga terpilih untuk memimpin UTU hingga periode 2018-2022 mendatang.

Pewarta: Anwar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018