Meulaboh (Antaranews Aceh) - Sebanyak 51 personel dari Kepolisian Resor Aceh Barat dikerahkan membantu pengamanan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

Kapolres Aceh Barat AKBP Raden Bobby Aria Prakarsa, melalui Kabag Ops Kompol Pradana Aditya Nugraha, di Meulaboh, Senin, mengatakan personel yang dikerahkan itu akan bertugas sesuai kebutuhan dan arahan Kapolres setempat.

"Personel nantinya akan melakukan pengamanan lokasi tempat pemungutan suara (TPS) dan pengamanan dokumen pilkada di Aceh Selatan yang akan dibawa ke pleno PPK hingga hasilnya dibawa ke KPU kabupaten," katanya pula.

Kompol Aditya menyampaikan, sebanyak 51 orang personel tersebut telah diberangkatkan pada Minggu (24/6) menuju Kabupaten Aceh Selatan untuk mendukung pengamanan selama proses tahapan pilkada 2018.

Ia meneragkan, tugas pokok utama pasukan bawah komando operasi (BKO) yakni pengamanan TPS dan dokumen yang akan dibawa ke Panitia Pengumutan Suara (PPS), PPK hingga sampai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Aceh Selatan.

Selain Aceh Barat, Polres Aceh Jaya, Nagan Raya, Abdya juga mengirimkan BKO untuk pengamanan Pilkada Aceh Selatan. Para personel bertugas mulai dari tanggal 24 hingga 29 Juni mendatang yang akan disebar di setiap TPS.

Selain dari jajaran polres, personel BKO juga dikerahkan dari Brigade Mobil (Brimob) Polda Aceh, dan sebelum menjalankan tugas, para personel dari Polres Aceh Barat khususnya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan persiapan yang matang.

Kompol Aditya menyampaikan, pengamanan pilkada agar berjalan kondusif menjadi tugas utama pihak kepolisian, sehingga para personel harus dapat menjamin saat pengiriman kertas suara maupun pemungutan suara.?

"Bahkan hingga kertas suara sampai ke pihak KPU untuk dilakukan penetapan pemenang pesta demokrasi. Polres Aceh Barat masih siap mengirimkan pasukan ke Aceh Selatan apabila dibutuhkan penambahan," katanya lagi.

Pilkada 2018 Kabupaten Aceh Selatan diikuti tujuh pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati.

Pilkada Serentak 2018 di Provinsi Aceh juga berlangsung di Kabupaten Pidie Jaya serta Kota Subulussalam pada 27 Juni 2018.
 

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018