Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Manajer PT. PLN (Persero) P3B Sumatera Unit Pelayanan Transmisi (UPT) Banda Aceh Wegig Agus Triyogo mengajak semua komponen masyarakat provinsi paling ujung barat Indonesia untuk berperan aktif menjaga lingkungan sekitar dari segela jenis sampah agar terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat.

"Membuang sampah disembarang tempat adalah prilaku yang tidak baik dan dapat menimbulkan berbagai penyakit dilingkungan sekitar, untuk itu kami mengajak semua pihak tidak membuang sampah sembarangan agar lingkungan disekitar kita sehat," katanya Wegig di UPT Banda Aceh, Jumat.

Hal ini disampaikannya usai melaksanakan kegiatan penggiat lingkungan dan membersihkan serta mengutip sampah pada trotoar jalan dan sungai di Jalan Soekarno-Hatta, Gampong Lamreung, Kecamatan, Ingin Jaya, Kabupatan Aceh Besar, Provinsi Aceh, Jumat.

Kengiatan penggiat lingkungan itu temanya, ''Mari Peduli Lingkungan, Go Green, Go Clean dan Gokil'' itu diikuti jajaran manajemen dan mitra kerja PT PLN (Persero) P3B Sumatera Unit Pelayanan Transmisi (UPT) Banda Aceh.

"Kemudian membuang sampah sembarangan juga dapat merusak pemandangan, merusak lingkungan, mulai dari pencemaran air sungai, rusaknya ekosistem sungai, banjir dan masih banyak efek lain yang ditimbulkan, dan melalui kengiatan penggiat lingkungan ini kami berharap semua kita sadar akan lingkungan dan tidak lagi membuang sampah sembarangan," sambungnya.

Wegig juga menyampaikan, program penggiat lingkungan ini merupakan sebuah terobosan PT PLN (Persero) Kantor Pusat dan kemudian diwajib untuk dilaksanakan oleh seluruh unit PLN termasuk UPT Banda Aceh

"Kami  berharap program penggiat lingkungan PLN ini selaku perusahaan milik negara dapat menjadi pelopor bagi dunia usaha dan masyarakat umum dalam program pelestarian dan penyelamatan lingkungan sesuai nawacita Pemerintah Republik Indonesia," ujarnya.

Dia juga menyampaikan, kegiatan program penggiat lingkungan tersebut meliputi perintis lingkungan, pengabdi lingkungan, penyelamat lingkungan dan pembina lingkungan.

PT PLN (Persero) P3B UPT Banda Aceh juga merencanakan, pihaknya akan memasangkan poster berupa ajakan (persuasive) untuk membuang sampah pada tempatnya dengan harapan dapat menyadarkan dan mengajak masyarakat serta instansi terkait untuk sama-sama peduli terhadap lingkungan disekitar.

"Kebersihan adalah sebagian dari iman, untuk itu masri kita jaga lingkungan sekitar agar bersih dari segala jenis sampah demi kehidupan yang lebih baik untuk anak cucu kita dimasa yang akan dating,'' ajaknya.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018