Sabang (Antaranews Aceh) - Sejumlah warga masyarakat berswafoto di geladak Kapal Perang India INS Sumitra yang sandar di Pelabuhan Kontainer Terminal BPKS Sabang, Provinsi Aceh.

Warga masyarakat Kota Sabang dari berbagai kalangan silih berganti berdatangan. Mereka disambut para anak buah kapal (ABK) INS Sumitra dan diberi penjelasan mengenai beberapa fungsi alat di geladak kapal tersebut.

Kapal Perang India INS Sumitra P-59?tiba di teluk dan sandar di Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang sejak Selasa (10/7) dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral negara, khususnya kedua angkatan laut.

"Negara Indonesia secara teritorial berbatasan langsung dengan India dan kunjungan kapal perang AL India ini wujud hubungan bilateral kedua negara, dan hari ini ada open ship dikapal itu," kata Komandan Lanal Sabang Kolonel Edi Haryanto.

Dan kunjungan kapal perang India INS Sumitra ini untuk mewujudkan keamanan di perairan kedua negara, selain itu juga sebagai komitmen kedua negra untuk mempererat hubungan yang sudah terjalin baik.

"Kami saling mengunjungi dengan kapal perang, dan ini merupakan salah satu perwujudan peran universal AL dalam melaksanakan `naval diplomacy` di perairan kedua negara," ujarnya.

Kapal Perang INS Sumitra India dipimpin oleh Commander Rejesd Rana.

"Kami menyambut baik kunjungan kapal perang India dan selama berada di Sabang hingga beberapa hari kedepan TNI AL bersama unsur Muspida akan menjamu mereka serta berkunjung ke sejumlah objek wisata di Kota Sabang," kata Danlanal Sabang.

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018