Takengon (Antaranews Aceh) - Seratus penari dari Kabupaten Aceh Tengah akan ikut memeriahkan pada pembukaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 di Banda Aceh dengan menampilkan tari tradisi masyarakat Gayo, yakni tari guel.

Ketua Komunitas Peduli Budaya Gayo (KPBG), Mawan kepada wartawan di Takengon, Rabu mengatakan, pihaknya sampai saat ini sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk menampilkan tari etnik Gayo tersebut diacara pembukaan PKA nantinya.

"Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Aceh dan Bupati Aceh Tengah atas dukungan dan kepercayaan kepada 100 penari ini untuk bisa tampil pada pembukaan PKA VII yang akan digelar pada Agustus mendatang," tutur Mawan.

Dia mengatakan, ini adalah kali kedua tari guel akan ditampilkan secara massal dihadapan umum dengan melibatkan 100 penari.

Sebelumnya, kata Mawan, KPBG Takengon untuk pertama kalinya menggagas pertunjukan tari guel massal tersebut untuk ditampilkan pada momen peringatan HUT ke-441 Kute Takengen, Kabupaten Aceh Tengah, sebagai upaya dari misi KPBG dalam melestarikan seni budaya Gayo, khususnya tari guel.

"Harapannya bisa terus ikut serta pada even-even besar lainnya, sehingga nilai seni budaya dari tradisi masyarakat Gayo ini tetap terjaga dengan baik," ujarnya.

Sementara, pembukaan PKA ke VII dijadwalkan berlangsung pada 5 Agustus 2018 di Banda Aceh yang rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018