Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Aceh Syaridin menyatakan Kawan Kepemimpinan Pelajar (KKP) merupakan salah satu upaya membentuk dan melahirkan pemimpin muda berkarakter.

"Kita berharap melalui kegiatan ini akan mampu melahirkan pemimpin muda yang berkarakter, patriotik, membentuk pola pikir, sikap perilaku yang mulia, berdayaguna bagi agama, nusa dan bangsa, serta menumbuhkan kebersamaan antarpeserta," kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh di Banda Aceh, Kamis malam.

Pernyataan itu disampaikannya dalam pidato tertulis yang dibacakan Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslem di sela-sela membuka ?Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) jenjang SMK se-Aceh di Banda Aceh.

Ia menyebutkan kegiatan KKP tersebut diikuti sebanyak 230 peserta dari kalangan pelajar dan guru pembina Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Aceh yang berlangsung di Banda Aceh selama lima hari.

"Kami berharap siswa-siswi dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengasah dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan mental yang baik dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan," katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan bekerja keras dalam meningkatkan sumber daya manusia dalam hal ini pada diri peserta didik agar dapat menjadi pribadi yang memiliki karakter kuat, terlatih dan tangkas.

"Kita terus berupaya mempersiapkan generasi unggul dengan berbagai kebijakan dalam hal pengembangan pendidikan sehingga mereka dapat memiliki karakter hebat, literasi hebat, kompetensi hebat dan menjadi generasi yang tangguh," katanya.

Kepala Bidang Pembinaan SMK pada Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Miftahuddin mengatakan KKP SMK tersebut juga bagian meningkatkan kematangan jiwa dan kestabilan emosi dalam rangka pembentukan sikap dan prilaku terpuji.

"Kegiatan ini juga sekaligus dalam pembentukan sikap/karakter siswa yang mempunyai kehidupan dengan rasa aman, jujur, disiplin, sportifitas, penuh kreatifitas, serta rasa persahabatan dan kebangsaan yang tinggi antar sesama siswa," katanya.

 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018