Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Anjungan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 7 Kota Banda Aceh di Taman Sulthanah Safiatuddin menyediakan panggung seni guna mendorong kreativitas pelajar asal ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

"Panggung seni tersebut khusus disediakan untuk anak sekolah di Banda Aceh. Mereka menampilkan berbagai atraksi budaya di panggung tersebut," kata Kepala Bidang Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh Daswita di Banda Aceh, Sabtu.

Panggung senin tersebut berada di sisi kiri anjungan PKA Kota Banda Aceh. Panggung berukuran sekitar 4x3 meter, khusus ditempatkan untuk penampilan seni budaya Kota Banda Aceh, termasuk PKA.

Selama PKA berlangsung, sebut Daswita, pengunjung dapat menyaksikan berbagai kesenian tradisional di panggung tersebut yang dimainkan oleh anak-anak sekolah di Banda Aceh.

"Tidak hanya pelajar sekolah menengah atas atau sederajat, panggung seni tersebut juga menampilkan tarian tradisional dimainkan oleh anak-anak pendidikan usia dini atau PUAD," sebut Daswita.

Daswita menjelaskan, panggung seni tersebut dihadirkan untuk mendorong para pelajar dari berbagai jenjang pendidikan agar mampu meningkatkan kreativitas seni mereka.

"Kami meminta para pelajar dari berbagai sekolah di Kota Banda Aceh tampil di panggung. Mereka menampilkan tarian Aceh seperti rapai geleng, saman, hingga tari kreasi. Ada juga nasyid dan solo vokal," ungkap dia.

Selain untuk pelajar sekolah, panggung seni tersebut juga diperuntukkan bagi komunitas seni. Mereka juga menampilkan karya-karya seni, baik tradisional, kreasi maupun modern

"Kami berharap dengan adanya panggung seni tersebut menambah daya tarik masyarakat berkunjung ke Anjungan PKA Kota Banda Aceh yang akan berlangsung hingga 15 Agustus mendatang," pungkas Daswita.
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018