Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin menyatakan butuh sinergi semua pihak di provinsi setempat untuk memajukan dunia pendidikan ke arah yang lebih baik di masa mendatang.

"Siswa, guru dan kepala sekolah khususnya harus memiliki satu tujuan bersama untuk memajukan satuan pendidikannya. Jika tidak, maka program Aceh Carong mustahil dapat terwujud di Dataran Tinggi Gayo khususnya dan Aceh umumnya," kata Syadirin di Takengon, Senin.

Di sela-sela kunjungan kerja ke SMAN 8 Unggul Takengon, Aceh Tengah, Syaridin menjelaskan kepala sekolah harus menjadi garda terdepan dalam memajukan sekolah.

"Kepala sekolah bukan hanya mengurus manajemen sekolah saja, tapi juga harus?bisa mengatur guru dan siswa dalam proses pembelajaran serta dapat mengembangkan program kewirausahaan sesuai dengan potensi alam yang dimiliki," katanya.

Pihaknya menyatakan siap mendukung peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Aceh Tengah secara umum dan khususnya SMAN 8 Takengon dengan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung.

Syaridin yang juga menjadi pembina upacara di sekolah tersebut, meminta kepada guru dan siswa untuk mempelajari materi pelajaran yang masuk dalam ujian nasional sehingga hasil yang diperoleh pada tahun 2019 meningkat.

"Kami minta untuk siswa kelas XII untuk terus mempelajari materi pelajaran dan uji coba soal-soal UN tahun sebelumnya sehingga dapat memberikan gambaran serta kemampuan dalam menjawab soal," katanya.

Kepala SMAN 8 Takengon Ali Makhudi mengatakan sekolah yang dipimpinnya tersebut merupakan salah satu lembaga pendidikan unggul di bidang olahraga seiring dengan sejumlah prestasi yang telah diraih diantaranya beberapa pemain timnas Indonesia usia 16 dan usia 14 yang saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Jakarta.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018