Banda Aceh (Antaranews Aceh) - SMK Negeri I Al Mubarkeya Kabupaten Aceh Besar berhasil memborong enam juara pertama pada Kursus Instruktur Muda Pramuka jenjang SMK tingkat Provinsi Aceh.
     
Keenam pelajar SMK Negeri 1 Al Mubarkeya yang berhasil meraih juara I masing-masing Khairunnisa, Rizky Nadila, Rahayu Widiyanti, Azri Ahmad Fahrozi, M. Afandi dan Ikhsan Maulana Putra.
     
"Kegiatan ini merupakan sarana mencari bibit-bibit unggul instruktur muda yang handal dan berbakat," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslem Yakob di sela-sela menutup kegiatan tersebut di Aceh Besar, Minggu malam.
     
Ia menjelaskan kegiatan yang digelar tersebut juga sebagai ajang membentuk karakter, kedisiplinan serta  silaturrahmi dalam meningkatkan penghayatan ilmu ketrampilan kepramukaan khususnya di bidang pramuka.
     
"Selama beberapa hari peserta telah banyak mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari kakak-kakak instruktur, tentang bagaimana menjadi seorang instruktur muda melalui lima kegiatan utama, yaitu kepemimpinan, kedisiplinan, kebangsaan, kreativitas, dan kepedulian," katanya.
     
Ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan kreativitas anak-anak terutama dalam pengembangan pendidikan kepramukaan, membentuk karakter dan memacu kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis.
     
Ia juga berpesan kepada sisiwa untuk manfaatkan momentum tersebut untuk membangun jejaring dan aktif di berbagai organisasi yang bernilai positif serta menjadi instruktur muda handal yang dapat dibanggakan keluarga, sekolah dan masyarkat.
   
 Ia menambahkan kegiatan tersebut juga merupakan salah satu program pemerintah sebagaimana tertuang dalam Nawa Cita Presiden Republik Indonesia yaitu melakukan revolusi karakter bangsa.
     
Sebelumnya pelaksana kegiatan Kursus Instruktur Muda Pramuka SMK Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Aceh, Zulkarnaini menyebutkan kegiatan tersebut diikuti 207 orang perwakilan masing-masing SMK di Aceh.
     
Sedangkan peraih juara I lainnya diraih Muhammad Haris (SMK-PP Negeri Saree), M. Sabirin (SMK Negeri 1 Jantho) dan Intan Zahura (SMK Negeri Penerbangan Aceh).

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018