Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pembangunan sektor pariwisata khususnya di Provinsi Aceh membutuhkan dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat, kata pejabat pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Rahmadhani.

Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh itu di Banda Aceh, Selasa, menyebutkan daerah ini memiliki potensi sektor pariwisata yang cukup menjanjikan untuk meraih minat kunjungan wisatawan dunia.

"Potensi wisata yang besar itu tidak cukup untuk menarik kunjungan wisatawan, jika tanpa dukungan atau pertisipasi aktif masyarakat, khususnya daerah tujuan wisata," katanya menjelaskan.

Pemerintah Aceh telah meluncurkan berbagai atraksi dan event pada tahun 2018 melalui kelender kegiatan guna meningkatkan kunjungan wisata ke provinsi tersebut setiap tahunnya.

Ada pun sejumlah ragam atraksi yang digelar sepanjang tahun 2018 untuk menarik kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri di antaranya Aceh Culinary Festival, PKA 7, Gayo Alas International (GAMI) Festival 2018 dan Freediving.

"Kita berharap melalui beragam kegiatan yang di gelar di kabupaten/kota yang ada di Aceh akan mampu memberikan dampak positif pada semua sektor ekonomi," katanya.

Menurut dia beragam kegiatan yang digelar tersebut tentu membutuhkan dukungan penuh dari masyarakat dalam ?menyukseskan event pariwisata yang telah diluncurkan oleh pemerintah.

Pihaknya juga terus meningkatkan pemahaman masyarakat sadar wisata dalam terutama untuk kawasan pariwisata guna ikut serta berperan aktif dalam membangun sektor tersebut.

"Kenyamanan dan keramatamahan di setiap daerah menjadi salah satu daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri untuk datang serta menikmati berbagai objek wiata yang ada di setiap kawasan," katanya.

Pihaknya sangat meyakini masyarakat di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu sangat terbuka untuk menerima para tamu yang akan datang untuk berwisata ke Provinsi Aceh.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018