Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Kelompok pemusik sufi Muslim Debu dijadwalkan meramaikan panggung Aceh International Rapa`i Festival (ACIRAF) di Stadion Tunas Bangsa, Lhokseumawe, Provinsi Aceh pada Selasa, 6 November 2018.

Grup band itu bermaterikan Daood Abdullah (drum) Fatimah Husniah (baglam, biola), Layla Wafiyah (harpa, kanoon, tambur dan vokalis), Ali Mujahid Abdullah (bass & backing vocal), Kumayl Mustafa Daood (vokalis utama, oud, biola, komposer an pengaransemen), Naimah Mahmoud (mandolin, perkusi, oud) dan sejumlah pemain lainnya.

"Kami baru dapat kabar,bahwa Band Debu akan tampil di pentas utama di Stadion Tunas Bangsa. Kementerian memilih band itu karena sesuai dengan tema ACIRAF yang bernuansa Islami," kata Ivan Heriyadi Project Manager Aciraf 4-7 November 2018, kepada wartawan, Kamis.

Kehadiran grup musik asal Jakarta baru dipastikan setelah ada komunikasi dari Kementerian Pariwisata yang membiayai kehadiran band bernuansa perkusi islami itu ke Lhokseumawe.

"Kami harapkan, kehadiran Debu dapat memberikan nuansa panggung perkusi lintas negara tersebut akan semakin menarik dan meriah. Mengingat animo masyarakat untuk menyaksikan perhelatan 4 hari 4 malam itu sangat besarm," ungkapnya.

Sementera itu, Ketua Dewan Kesenian Kota Lhokseumawe, Peutuha Din menerangkan ACIRAF 2018 berisi serangkaian acara seni budaya Rapai, perkusi dan musik kolaborasi berlangsung di tiga titik venue yaitu, Panggung Utama di Stadion Tunas Bangsa, Lapangan Sudirman dan Waduk Jeulikat.

Rangkaian acara antara lain, konser perkusi, musik kolaborasi, pementasan sosiodrama Rapai Tempo dulu, Field Trip dan seminar. Ada juga acara pawai budaya dan pementasan musik kolaborasi di Lapangan Sudirman.

"Ini adalah even bertaraf internasional pertama kali di Lhokseumawe, mudah-mudahan tujuan kita untuk melestarikan budaya tradisi khususnya Rapa`i ini semakin mendapat perhatian dari semua pihak, terutama masyarakat," kata Peutuha.

Kegiatan pada 4-7 November 2018 tersebut selain diikuti oleh peserta dari berbagai di Aceh serta dari beberapa daerah di Indonesia, juga akan diramaikan oleh peserta dari luar negeri seperti dari India, Malaysia dan Thailand.

Dari India akan menampilkan seni Tabla (alat musik perkusi tradisional India), sedangkan dari Malaysia juga akan hadir dari sanggar dendang anak dan dari Thailand akan tampil seniman dari Patani.
 

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018